Analisis kemampuan psikomotor siswa pada pembelajaran Hands On Teknik Challenge Exploration Activity

Main Author: Hendriyan
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan psikomotor siswa pada pembelajaran hands on teknik challenge exploration activity. Aspek psikomotor yang digunakan menurut Trowbridge dan Bybe meliputi moving (bergerak), communicating (komunikasi), manipulating (memanipulasi), dan creating (berkreasi). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 4 Cipondoh Kota Tangerang pada tahun pelajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling, siswa kelas VII-1 N=34 sebagai kelompok eksperimen yang menggunakan pembelajaran hands on teknik challenge exploration activity. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen non-tes berupa lembar observasi psikomotor siswa untuk mengetahui kemampuan psikomotor siswa selama pembelajaran berlangsung. Data instrumen dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan merubah menjadi data persentase kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil studi menunjukkan kemampuan psikomotor siswa pada setiap aspek selama pembelajaran hands on teknik challenge exploration activity adalah: pada aspek moving (71,5%), aspek manipulating (84%), aspek communicating (73,6%), dan aspek creating (64,4%)