Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E terhadap hasil belajar siswa pada materi cahaya

Main Author: Lutfiyah Haryanti
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar siswa pada materi cahaya. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 10 Tangerang Selatan pada tahun pelajaran 2011/2012. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi ekperimen dengan desain nonequevalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan mengunakan teknik purpossive sampling dan random sampling. Siswa kelas VIII.3 sebagai kelompok eksperimen yang mengunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E, dan siswa kelas VIII.5 sebagai kelompok kontrol yang mengunakan mengunakan model pembelajaran konvensional (model direct instruction). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu terdiri dari instrumen tes untuk mengetahui hasil belajar siswa berupa soal uraian dan instrument nontes yaitu kuisoner mengenai model pembelajaran Learning Cycle 5E dan catatan lapangan. Data instrumen tes dianalisis mengunakan analisis statistik yaitu uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan mengunakan uji-t pada taraf signifikasi (?)= 0,05 didapatkan thitung > ttabel yaitu 2,35> 2,00, sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka dapat disimpulkan disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar siswa pada materi cahaya