Pengaruh penggunaan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis predict-observe-explain (POE) terhadap hasil belajar fisika siswa pada konsep xat dan wujudnya: Kuasi eksperimen di SMP Negeri 12 Kota Tangerang Selatan
Main Author: | Witri Amillah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Predict-Observe-Explain (POE) terhadap hasil belajar fisika siswa pada konsep zat dan wujudnya. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 12 Kota Tangerang Selatan pada kelas VII.6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.4 sebagai kelas kontrol, dengan jumlah masing-masing siswa tiap kelas yaitu 35 orang. Penelitian ini dimulai pada tanggal 23 November sampai 7 Desember, dilakukan selama lima kali pertemuan termasuk pretest dan posttest. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design dan teknik pengambilan sampel purpossive sampling. Instrument yang digunakan berupa tes objektif pilihan ganda sebanyak 27 soal. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji-t, pada taraf signifikan 0,05 didapat hasil ttabel ? thitung yaitu 2,00 ? 2,32 sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. hal. ini menunjukkan bahwa penggunaan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Predict-Observe-Explain (POE) berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa pada konsep zat dan wujudnya