Pengaruh penggunaan lembar kegiatan siswa (LKS) berbasis penemuan terbimbing terhadap hasil belajar fisika siswa (Kuasi eksperimen di SMP Negeri 6 Tangerang Selatan)
Main Author: | Mulia Rusmawati |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis penemuan terbimbing terhadap hasil belajar fisika siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 6 Tangerang Selatan pada kelas VII-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-3 sebagai kelas kontrol pada konsep wujud zat dan perubahannya. Penelitian ini dilakukan selama tiga kali pertemuan ditambah pretest dan posttest, dimulai pada tanggal 3 sampai 20 November 2012. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain randomized pretest-posttest control group design dan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes objektif pilihan ganda sebanyak 25 butir soal. Data hasil tes dianalisis dengan uji analisis statistik berupa uji perbandingan nilai N-gain kedua kelas. Berdasarkan analisis data hasil penelitian diperoleh kesimpulan terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kedua kelas tersebut. Kesimpulan ini didasarkan hasil pengujian hipotesis uji independent samples T test data Ngain pada tingkat kepercayaan 95%. Diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001, nilai Sig (2-tailed) < 0,05, sehingga hipotesis nol ditolak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis penemuan terbimbing terhadap hasil belajar fisika siswa. Pengaruh tersebut belum memberikan kontribusi yang maksimal terhadap hasil belajar fisika siswa. Pada kelas eksperimen nilai rata-rata N-gain lebih rendah dari kelas kontrol. Pengaruh yang maksimal hanya terlihat pada jenjang kognitif C3 dimana kelas eksperimen lebih unggul dibanding kelas kontrol.