Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E terhadap hasil belajar siswa pada konsep suhu dan kalor: Kuasi eksperimen di kelas X SMA Negeri 8 Tangsel
Main Author: | Maesaroh |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan di Kelas X-5 (menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E) dan Kelas X-1 (menggunakan model pembelajaran yang bersifat konvensional) di SMA Negeri 8 Tangsel Kab.Tangerang pada konsep Suhu dan Kalor.Pemilihan kedua kelas ini berdasarkan teknik purpossive sampling dan pengujian kehomogenan kedua kelas. Penelitian ini berlangsung sekitar dua bulan, dimulai dari Maret dan selesai Mei 2012. Hasil belajar fisika siswa aspek kognitif yang berkaitan dengan konsep suhu dan kalor, ditunjukan dengan nilai rerata hasil belajar baik pre-test maupun post-test antara kelompok A (kelompok kontrol) dengan menggunakan metode konvensional dibandingkan dengan kelompok B (kelompok eksperimen) menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E berturut-turut adalah pretest kelompok A dan B(28,38 dan 24,01) dan post-test kelompok A dan B (59,83 dan 66,32). Perbedaan tersebut signifikan dilihat dari perolehan nilai thitung yang lebih besar dari ttabel pada taraf signifikansi 5% (2,71> 1,99). hal. ini menunjukan terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada kelompok B (kelas eksperimen) yang menggunakan model pembelajaranlearning cycle 5E mencapai kategori baik.