Upaya peningkatkan hasil belajar siswa pada konsep sistem peredaran darah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT)
Main Author: | Gita Pavita Renata |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-I MTs Islamiyah Ciputat yang berjumlah 36 orang, Penelitian ini dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Rata-rata nilai hasil belajar biologi siswa pada siklus 1 dan siklus 2 berturut-turut adalah 66 atau 67% siswa lulus KKM dan 84 atau 100% siswa lulus KKM . hal. ini jelas menunjukkan bahwa hasil belajar biologi siswa mengalami peningkatan yang sangat signifikan dibandingkan pada siklus 1. Dengan demikian, siklus 2 sudah memenuhi indikator pencapaian hasil (IPH), karena persentase kelas di atas sudah mencapai 100% KKM