Pengaruh model pembelajaran discovery terhadap keterampilan proses sains siswa pada konsep sistem pernapasan manusia: Kuasi eksperimen di MAN 12 Jakarta

Main Author: Hoirudin
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery terhadap keterampilan proses sains siswa pada konsep sistem pernapasan manusia. Penelitian ini dilaksanakan di MA Negeri 12 Jakarta dengan metode kuasi eksperimen yang menggunakan desain pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian meliputi kelompok eksperimen berjumlah 34 siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery, dan untuk kelompok kontrol berjumlah 29 siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Aspek keterampilan proses sains yang digunakan dalam penelitian ini meliputi keterampilan mengamati, berhipotesis, interpretasi data, merencanakan percobaan, berkomunikasi, dan menerapkan konsep. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil ini didapat dari ttabel (6,7>1,67) pada taraf signifikansi 5%. hal. ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran discovery terhadap keterampilan proses sains siswa pada konsep sistem pernapasan manusia