improving students' ablity in using present progreeive tense through substitution drill (A Classroom Action Research at the grade students of MTs Darul Bina Penjajaran North Jakarta)

Main Author: RIFA'I, Bachtiar
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah pemahaman tenses Present Progressive siswa di kelas delapan MTs Darul Bina, Penjaringan dapat diperbaiki dengan menggunakan Substitution Drill. Disamping itu, penelitian ini juga ditujukan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan Substitution Drill dalam memperbaiki pemahaman siswa terhadap tenses Present progressive. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK); untuk mengidentifikasi dan mengatasi permasalahan terhadap pemahaman siswa terhadap Tense Present Progressive. Penelitian ini diawali dengan observasi untuk mengetahui kebiasaan dan kemampuan umum siswa dalam Bahasa Inggris juga wawancara kepada guru. Penelitian ini dilakukan di kelas delapan MTs Darul Bina yang terdiri dari 30 siswa. Adapun model Penelitian Tindakan Kelas yang digunakan menganut pada Kurt Lewin model; yang mana terdiri dari empat tahapan (perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi). Penelitian terdiri dari dua siklus yang tiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Sementara, data yang diperoleh berasal dari test (pretest dan posttest), wawancara terhadap guru, catatan lapangan, kuesioner, dan lembar observasi siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) berdasarkan hasil tes, terdapat kenaikan skor siswa setelah menggunakan Substitution Drill. Dengan perolehan; pada hasil pretest terdapat 3 siswa yang melampaui KKM. Kemudian hasil posttest di siklus 1, terdapat 15 atau 50% jumlah siswa yang berhasil melewati KKM dengan rata-rata kelas sebesar 67.17. Selanjutnya hasil posttest di siklus kedua, terdapat 27 atau 90 % siswa yang sudah mencapai target KKM dengan rata-rata kelas sebesar 73.67. (2) berdasarkan hasil observasi di kelas didapati bahwa siswa-siswa lebih nyaman dan tertarik dalam mempelajari Present Progressive Tense di kelas. Mereka dapat membuat kalimat dengan menggunakan Present Progressive Tense lebih baik dari waktu sebelumnya. (3) berdasarkan hasil wawancara, guru mengakui bahwa teknik Substitution Drill adalah teknik yang menarik. Teknik ini mampu memperbaiki pemahaman siswa terhadap tenses Present Progressive.