Improving students' understanding of passive voice of the simple past tense by using contextual teaching and learning: A classroom action research in the second year of MTs Al-Mujahidin Cikarang, 2012/2013 academic year

Main Author: Alwani
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui dapatkah siswa di kelas delapan MTs Al-Mujahidin Cikarang memahami passive voice dari simple past tense. Disamping itu, penelitian ini juga ditujukan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan pemahaman siswa di passive voice dari simple past tense. Penelitian ini dikategorikan sebagai Penelitian Tindakan Kelas (PTK); untuk mengidentifikasi dan mengatasi permasalahan terhadap pemahaman siswa dalam memahami passive voice of simple past tense. Penelitian ini diawali dengan wawancara kepada guru dan observasi di kelas dua MTs Al-Mujahidin Cikarang; yang dianggap sebagai kelas yang memilki nilai grammar terendah. Jumlah siswa dalam penelitian ini yakni 36. Adapun model Penelitian Tindakan Kelas yang digunakan menganut pada Kurt Lewin model; yang mana terdiri dari empat tahapan (perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi). Sementara, data yang diperoleh berasal dari test (pretest dan posttest), wawancara terhadap guru, dan observasi di kelas. Sehingga, penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif quantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) berdasarkan hasil tes, terdapat kenaikan 20.28% rata-rata skor siswa setelah menggunakan CTL. Dengan perolehan; pada hasil pretest terdapat 2 siswa yang melampaui KKM. Kemudian hasil posttest di siklus 1, didapat 11 atau 31% jumlah siswa yang berhasil melewati KKM dengan rata-rata kelas sebesar 62.78. Selanjutnya hasil posttest di siklus kedua, terdapat 30 atau 83 % siswa yang sudah mencapai target KKM dengan rata-rata kelas sebesar 73.19. Dapat disimpulkan bahwa pengajaran passive voice pada simple past tense dengan menggunakan CTL sukses dalam penelitian tindakan kelas.