The effectiveness of contextual teaching and learning method in the teaching of present continuous tense
Main Author: | Lailatul Fadilah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan mengajar present continuous tense dengan menggunakan metode contextual teaching dan learning di kelas dua SMP Islamiyah Ciputat. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kuantitatif. Penulis melakukan eksperimen di dua kelas berbeda dengan menggunakan tindakan berbeda. Kelas yang pertama menggunakan metode contextual teaching and lerning sebagai kelas eksperimen. Kelas yang kedua menggunakan metode grammar translation sebagai kelas control. Penulis memberikan pre-test dan posttest kepada kedua kelas. Tujuan tes ini adalah untuk mengetahui kelas mana yang lebih baik setelah diajar dengan dua metode yang berbeda. Selanjutnya data yang terkumpul dalam penelitian ini dianalisa dengan menggunakan t-test. Berdasarkan hasil perhitungan statistik didapatkan nilai ratarata dari kelas eksperimen: pre-test sebesar 42.733; post-test sebesar 62.633 dan selisihnya sebesar 19.3. Sedangkan, nilai rata-rata dari kelas kontrol: pre-test sebesar 44.66; post test sebesar 48. Dan nilai selisihnya sebesar 3.33. Selanjutnya, to (t observsi) yaitu sebesar 8.08 dan tt (t tabel) sebesar 2.04. Maka, to (observasi) lebih besar dari pada tt (t table): to>tt. pernyataan tersebut membuktikan bahwa siswa-siswa yang di ajar present continuous tense dengan menggunakan metode contextual teching and learning mendapatkan nilai lebih tinggi dari pada mereka yang diajar tanpamenggunakan metode contextual teaching and learning. Maka dapat disimpulkan bahwa pengajaran menggunakan metode contextual teaching and learning lebih efektif dalam pengajaran present continuous tense di kelas dua SMP Islamiyah Ciputat