IMPROVING STUDENTS ABILITY IN USING IMPERATIVE SENTENCES THROUGH TOTAL PHYSICAL RESPONSE

Main Author: ROHAYATI, Tati
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan kalimat perintah dengan menggunakan total physical response (TPR) dikelas VII SMP Islam Ruhama Cireundeu Ciputat Timur tahun akademik 2010/2011. Subjek pada penelitian ini terdiri dari 37 siswa dari kelas VII.1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Pada kasus ini, guru SMP Islam Ruhama sebagai pengamat dan kolaborator. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, pada setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan mengikuti desain Kemmis dan Taggart dengan menggunakan prosedur penelitian tindakan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, pengamatan, kuesioner, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan siswa dalam menggunakan kalimat perintah. Sebagian besar dari siswa mencapai nilai yang bagus pada akhir setiap siklus. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dalam pelajaran bahasa Inggris di SMP Islam Ruhama adalah 65. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pertama, berdasarkan hasil tes, nilai rata-rata siswa pada pretes sebelum melaksanakan siklus pertama adalah 48.10. Nilai ratarata siswa pada postes siklus pertama adalah 71.08 atau 70.27% dari siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan nilai rata-rata pada postes siklus kedua adalah 74.70 atau 86% siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Kedua, berdasarkan hasil pengamatan menunjukan siswa lebih aktif dan santai dalam mempelajari kalimat perintah. Berdasarkan hasil wawancara, siswa sangat antusias dalam memperoleh materi dan mempunyai motivasi untuk mempelajari kalimat perintah. Metode total physical response sangat efektif untuk mempelajari kalimat perintah, metode ini bisa meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan kalimat perintah.