Improving student's ability in writing reconunt text through picture sequences: a classroom action research at X grade MA Darul Ma'arif Cipete
Main Author: | ASTUTI, PUJI |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Daftar Isi:
- Penelitian ini ditujukan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks recount yg dilaksanakan di kelas X MA Darul Ma�arif Cipete tahun akademik 2010/2011 sebagai subjek penelitian. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan. Penelitian ini dikategorikan penelitian tindakan kelas. Penulis bekejasama dengan guru bahasa Inggris dalam melaksanakan penelitian ini. Penelitian tindakan kelas menggunakan model Kurt Lewin. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam mendapatkan data, penulis menggunakan metode kualitatif and kuantitatif. Data kualitatif didapatkan melalui observasi dan interview, sedangkan data kuantitatif didapatkan melalui tes (pre-tes dan pos-tes). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan siswa dalam menulis teks recount. hal. ini dapat dilihat dari hasil tes menulis siswa. Hasil pretest menunjukkan bahwa skor mean pretes adalah 56,75. Sedangkan skor mean postes siklus 1 adalah 66,37 dan skor mean postes siklus 2 adalah 72,62. Selanjutnya, hasil pretes menunjukkan hanya ada 5 siswa atau 12,5 % yang mencapai nilai KKM sedangkan dalam postes siklus 1 ada 14 atau 35% siswa mencapai nilai KKM dan 32 siswa atau 80% telah mencapai nilai KKM. Selain itu, dari hasil observasi dan interview diketahui bahwa ada perkembangan kemampuan siswa dalam menulis teks recount dan siswa lebih termotivasi dalam proses belajar-mengajar.