Improving students' writing ability through clustering technique (A classroom action research in the second year of SMP al-hasra Bojongsari- Depok)

Main Author: FAIRIYANI, Tita nurul
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan untuk memperbaiki kemampuan menulis siswa dengan menggunakan Teknik Clustering di kelas (8-3) SMP Al-Hasra tahun ajaran 2010/2011. Subyek penelitian ini berjumlah 31 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian tindakan kelas yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas kolaboratif. Penulis bekerjasama dengan guru bahasa Inggris dari SMP Al-Hasra sebagai pengamat dan kolaborator. Penelitian ini dilaksanakan mengikuti model Kurt Lewin dengan prosedur penelitian tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument: wawancara, catatan lapangan, angket, dan tes. Hasil dari penelitian dengan menggunakan Teknik Clustering ini menunjukkan bahwa ada perbaikan dari kemampuan menulis siswa. Siswa mendapatkan nilai yang bagus secara bertahap pada akhir siklus. Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah 70 (tujuh puluh). Nilai rata-rata siswa pada tes awal adalah 55.85. Nilai rata-rata siswa pada siklus pertama yaitu 66.13. Nilai rata-rata siswa pada siklus kedua yaitu 73.19. Selain itu, ada tanggapan yang positif dari siswa dan guru bahasa Inggris terkait penggunaan Teknik Clustering. Kesimpulannya, Teknik Clustering dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa.