Kemampuan menulis puisi dengan teknik pemberian tugas/resitasi pada siswa kelas VIII SMPN 2 Tangerang Selatan tahun pelajaran 2013/2014

Main Author: Aulia Herdiana Puspasari
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Dalam penelitian ini, masalah yang dikaji adalah kemampuan menulis puisi dengan teknik pemberian tugas/resitasi pada siswa kelas VIII SMPN 2 Tangerang Selatan semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Tangerang Selatan pada bulan Mei 2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis puisi dengan teknik pemberian tugas/resitasi pada siswa kelas VIII SMPN 2 Tangerang Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Instrumen dalam penelitian ini adalah pretest dan posttest. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik analisis data angket dan lembar observasi dengan menggunakan rumus P = Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil angket kemampuan menulis puisi siswa menunjukkan bahwa menulis puisi sebelum menggunakan teknik pemberian tugas/resitasi belum mendapatkan hasil yang baik yaitu nilai rata-rata siswa mendapatkan 67,2. Sedangkan menulis puisi setelah menggunakan teknik pemberian tugas/resitasi sudah mendapatkan hasil yang baik yaitu nilai rata-rata siswa mendapatkan 74,1. Dari hasil angket dapat dilihat bahwa 25 siswa atau 59,5% siswa suka menulis puisi dan 22 siswa atau 52,39% siswa menyukai pembelajaran di luar kelas.