Kemampuan siswa kelas VII SMP Yapia Ciputat Tangerang Selatan dalam pengembangan karangan narasi berdasarkan teks wawancara
Main Author: | Ega Suganda |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian yang berjudul �Kemampuan Siswa Kelas VII SMP Yapia Ciputat Tangerang Selatan Dalam Pengembangan Karangan Narasi Berdasarkan Teks Wawancara�. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis, terutama mengembangkan karangan narasi berdasarkan teks wawancara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif Teknik penelitian ini dilakukan dengan memberikan tugas mengarang narasi berdasarkan teks wawancara kepada siswa. Instrumen yang digunakan adalah petunjuk dan batasan mengarang narasi. Objek penelitian ini adalah karangan siswa yang dinilai dari aspek substansi dan aspek kebahasaan. Aspek substansi terdiri atas kemampuan menyusun kronologis dan kemampuan menyesuaikan isi narasi dengan teks wawancara. Aspek kebahasaan meliputi kemampuan menggunakan ejaan, diksi, kalimat efektif, dan paragraf. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Yapia Ciputat Tangerang Selatan sebanyak 82 orang dari jumlah siswa kelas VII.A sebanyak 40 orang dan siswa kelas VII.B sebanyak 42 orang. Hasil penelitian membuktikan bahwa kemampuan mereka dalam mengembangkan karangan tersebut masih kurang. Dilihat dari segi persentase, siswa memperoleh nilai pada kategori sangat baik tidak ada, kategori baik 10 orang atau 12,2%, kategori cukup 20 orang atau 24,4%, kategori kurang 23 orang atau 28% dan sisanya 29 orang atau 35,4% sangat kurang. Adapun skor rata-rata yang diperoleh mereka adalah 48,19 dan dibulatkan menjadi 48. Dengan demikian kemampuan mengembangkan karangan narasi berdasarkan teks wawancara oleh siswa kelas VII SMP Yapia Ciputat Tangerang Selatan tergolong kurang.