Implementasi metode bermain peran dalam meningkatkan motivasi belajar PAI pada materi kisah Nabi Ibrahim As Dan Nabi Isma�il As (ptk di kelas IV SDN Neglasari 4 Kota Tangerang)
Main Author: | Suhadah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Permasalahan yang diangkat dalam penulisan skripsi ini adalah: Bagaimana implementasi metode bermain peran dapat meningkatkan motivasi belajar PAI materi kisah Nabi Ibrahin as dan Nabi Isma�il as pada siswa kelas IV SDN Neglasari 4 Kota Tangerang? Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan mengimplementasikan metode bermain peran dalam proses pembelajaran PAI pada materi kisah nabi Ibrahim as dan nabi Isma�il as dapat meningkatkan motivasi belajar PAI siswa kelas IV SDN Neglasari 4 Kota Tangerang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode ini dilaksanakan dalam empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Keempat tahap ini merupakan siklus yang berlangsung secara berulang-ulang. Pada penelitian ini siklus yang dilakukan penelititi berhenti pada siklus kedua. Hasil penelitian dari pra siklus, siklus I sampai siklus II menunjukkan adanya peningkatan pada motivasi belajar PAI siswa dengan menggunakan metode bermain peran. Peningkatan-peningkatan motivasi belajar PAI secara klasikal dapat dilihat dari peningkatan jumlah siswa yang memiliki motivasi belajar pada setiap siklusnya, sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah �dengan mengimplementasikan metode bermain peran pada proses pembelajaran PAI materi Nabi Ibrahim as dan Nabi Ismail as, maka akan meningkatkan motivasi belajar siswa pada kelas IV SDN Neglasari 4 Kota Tangerang�.