Pengaruh metode bercerita pada mata pelajaran aAqidah akhlak terhadap Motivasi Belajar Siswa MI Al-Wathoniyah 43 Rorotan Jakarta Utara

Main Author: Riana Ratna Sari
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Dari penelitian yang dilaksanakan di MI Al-Wathoniyah 43 bahwa metode bercerita dalam pembelajaran Aqidah akhlak mempunyai pengaruh terhadap motivasi belajar siswa MI Al-Wathoniyah 43 Jakarta Utara. hal. ini dapat dilihat dari hasil angket mengenai pengaruh metode Bercerita dalam pembelajaran aqidah akhlak terhadap motivasi belajar diketahui dari 35 responden,mayoritas jawaban responden menunjukkan bahwa pengaruh metode bercerita dalam pembelajara Aqidah akhlak terhadap motivsi belajar siswa adalah cukup baik dengan perhitungan angket. Dengan demikian , penerapan metode bercerita yang digunakan guru Aqidah akhlak sudah berjalan dengan baik dan mendapat respon yang baik pula dari peserta didik, sehingga terciptanya pembelajaran yang tidak membosankan. Dan dapat di tarik kesimpulan dari hasil penelitian yang penulis lakukan bahwa terdapat korelasi positif antara pengaruh metode bercerita dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah akhlak. hal. ini dapat dilihat dari hasil indeks korelasi tang terdapat sebesar 0,40 yang berkisar antara 0,40 -0,70 sehingga korelasi antara penerapan metode bercerita pada mata pelajaran Aqidah akhlak dapat membangun motivasi belajar siswa dan menunjukkan korelasi yang sebidang cukup