Peningkatan hasil belajar fiqih pokok bahasan shalat melalui metode demonstrasi siswa MI Irsyadul Athfal Depok

Main Author: Mardianih
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode demonstrasi terhadap peningkatan hasil belajar Fiqih siswa pada pokok bahasan shalat. Penelitian ini dilaksanakan di MI Irsyadul Athfal Depok. Waktu pelaksanaan penelitian ini pada bulan Juli semester pertama tahun pelajaran 2013-2014, dengan subjek penelitian siswa siswi kelas II. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode Demonstrasi. Hasil pengumpulan data didapatkan melalui observasi pelaksanaan kegiatan belajar mengajar serta menyebarkan pretest dan post Test pada masing-masing siklus dengan jumlah soal sebanyak 10 soal berupa pilihan ganda pada setiap pertemuan. Berdasarkan hasil Pre Test pada siklus 1 terdapat 8 siswa yang tuntas dan 19 orang belum tuntas. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan digunakannya metode demonstrasi menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari hasil Post Test siklus I terdapat 22 orang tuntas dan5 orang yang mendapat kriteria belum tuntas. Siklus II pada Pretest terdapat 17 siswa yang tuntas dan 10 belum tuntas, pada post Test siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 10 siswa yang belum tuntas pada pretest menjadi tuntas semua pada post Test. hal. ini menunjukkan bahwa pembelajaran Fiqih sangat berperan penting dalam meningkatkan ibadah shalat siswa, serta dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam melaksanakan ibadah shalat dengan baik dan benar