Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Al-Hikmah Sepatan Tangerang
Main Author: | Qusyairi Fadil |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Pendidikan merupakan aspek penting bagi perkembangan sumber daya manusia, sebab pendidikan merupakan wahana atau salah satu instrumen yang digunakan bukan saja untuk membebaskan manusia dari keterbelakangan, melainkan juga dari kebodohan dan kemiskinan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah, bagaimanakah Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dalam Proses Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Al-Hikmah Sepatan Tangerang dan Apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Metode penelitian yang digunakan untuk mengkaji mengenai Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dalam Proses Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Al-Hikmah Sepatan Tangerang adalah metode kualitatif. Untuk memperoleh data digunakan metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dalam Proses Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Al-Hikmah Sepatan Tangerang diimplementasikan dalam proses pembelajaran yakni: a) Pengembangan silabus, b) Penyusunan RPP, c) Proses pembelajaran, d) Evaluasi hasil belajar. Implementasi KTSP dalam proses pembelajaran SKI di MTs Al-Hikmah belum sesuai dengan model KTSP. Proses pembelajaran SKI di MTs Al-Hikmah Sepatan Tangerang tidak sesuai dengan RPP. seperti, guru SKI tidak melakukan pre test dan tidak menggunakan metode yang variatif yang sesuai dengan materi pokok sehingga siswa selalu pasif dalam proses pembelajaran.