Pengaruh pendekatan paikem teknik cooperative script terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam: Quasi eksperimen di MTs Daarul Hikmah
Main Author: | Dede Saripah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan teknik Cooperative Script dengan yang menggunakan teknik konvensional pada konsep/materi tentang Shalat Sunah. Penelitian ini dilaksanakan selama kurang labih dua bulan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian quasi eksperimen. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 56 siswa yang diambil secara Purposive Sampling dari seluruh siswa kelas VII Tahun Ajaran 2011/2012. Dari 56 siswa tersebut dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu 28 siswa untuk kelompok eksperimen dan 28 siswa untuk kelompok kontrol. Untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan teknik Cooperative Script dengan siswa yang menggunakan teknik konvensional, diperoleh data yang diambil dari hasil pre-test dan post-test yang diberikan kepada siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal. Penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara yang menggunakan teknik Cooperative Script dengan siswa yang menggunakan teknik konvensional pada konsep/materi yang diteliti pada saat itu. hal. ini terjadi karena kompetensi dasar yang rendah pada materi yang dipilih dan intelegensi atau kecerdasan siswa hampir sama rata. Perbedaan hasil belajar siswa kelompok eksperimen dan kontrol tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata yaitu kelompok eksperimen sebesar 88.06 dan kelompok kontrol sebesar 87.08. Sehingga dari perolehan nilai rata-rata yang didapat masing-masing kelompok, dapat dikatakan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa. Penggunaan pendekatan PAIKEM dengan teknik Cooperative Script dalam penelitian semoga bisa menjadi inspirasi bagi guru-guru dalam pembelajaran yang telah dilaksanakan disekolah tersebut. Kata Kunci: Pendekatan PAIKEM, Teknik cooperative script, teknik Konvensional, Pengaruh, dan Hasil Belajar.