Hubungan antara motivasi dengan prestasi belajar pada mata pelajaran fiqih siswa kelas VA di Madrasah Ibtidaiyah Sullamun Najab Kalideres Jakarta Barat
Main Author: | Rojikin Khalid |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Prestasi belajar merupakan tolok ukur maksimal yang telah dicapai siswa setelah melakukan kegiatan belajar selama waktu yang telah ditentukan. Siswa yang motivasinya besar akan menampakkan minat, perhatian, konsentrasi penuh, ketekunan tinggi serta berorientasi pada prestasi tanpa mengenal perasaan bosan, Studi pendahuluan yang dilakukan penulis di MI. Sullamun Najah Kalideres Jakarta Barat menemukan bahwa motivasi siswa pada mata pelajaran Fiqih cukup, namun prestasi belajar dalam mata belajar Fiqih menunjukkan kurang, hal. ini ditandai dengan hasil prestasi belajar siswa yang masih kurang. Penelitian ini berdasarkan kerangka pemikiran bahwa dalam kaitannya dengan belajar, motivasi sangat erat hubungannya dengan kebutuhan aktualisasi diri sehingga motivasi besar pengaruhnya pada kegiatan belajar siswa yang bertujuan untuk mencapai prestasi tinggi. Langkah-langkah dalam penelitian ini mencakup teknik pengumpulan data berupa angket.Dengan menggunakan Purposive Sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus statistik berupa prosentase, sedangkan penentuan korelasi antar variabel menggunakan rumus product moment. Setelah dilakukan perhitungan dan penafsiran data, kemudian dibuat kesimpulan penelitian. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Motivasi Belajar Siswa memperoleh nilai 67,25 % dengan kriteria cukup; (2) prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Fiqih memperoleh nilai 66,68 % dengan kriteria cukup; dan (3) korelasi antara motivasi belajar siswa dalam prestasi belajar mata pelajaran Fiqih di MI Sullamun Najah Kalideres Jakarta Barat memperoleh nilai korelasi (rXY) sebesar 0,8 dengan kriteria sangat kuat.