Peranan pendidikan akidah akhlak dalam membina akhlak remaja (studi kasus siswa MTs Soebono mantofani Jombang Ciputat)

Main Author: ABDUROZAK
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Secara umum pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, sekolah, dan masyarakt melalui bimbingan, pengajaran dan latiahan untuk mempersiapkan anak didik agar dapat memainkan peranan dalam berbagai lingkungan hidup secara tepat di masa yang akan datang. Sedangkan pendidikan akhlak Islam merupakan proses mendidik, memelihara, membentuk, dan memberikan latihan mengenai akhlak dan kecerdasan berfikir yang baik yang bersifat formal maupun informal yang didasarkan pada ajaran-ajaran Islam. Pendidikan akhlak ditujukan sebagai upaya pembentukan dan pembinaan akhlak pembiasaan, dan latihan untuk senantiasa berbuat kebaikan dan berprilaku sesuai Akhlak Al-karimah. hal. ini diwujudkan berdasarkan banyaknya kenyataan saat ini akan kemerosotan akhlak, moral dan etika dengan segala macam bentuk tingkah laku mereka yang tidak sedikit menimbulkan kekacauan bagi dirinya pribadi maupun keresahan masyarakat pada umumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara khusus bagaimana peran pendidikan akidah akhlak dalam proses belajar mengajar di sekolah .apakah sudah memberikan kontribusi yang baik bagi siswa atau malah sebaliknya dan apakah dengan adanya pendidikan akidah akhlak siswa mampu terbina secara positif dalam berperilaku .penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hambatanhambatan yang terdapat dalam pembelajaran pendidikan akidah akhlak baik itu bagi pengajar maupun peserta didik dengan ini para pendidik diwajibkan terlabih dahulu mengetahui permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh para remaja saat ini siswa MTs Soebono Mantofani denga tujuan mempermudah pendidik dalam proses belajar mengajar di sekolah . Untuk mencapai tujuan di atas peneliti menggunakan penelitian kuatitatif deskriptif, korelasi dengan jenis penelitian studi kasus. Kehadiran peneliti bertindak sebagai observer metode pengumpulan datanya mengunakan metode observasi ,kuesioner.tekinik analisis datanya menggunakan analisa deskriptif .Subjek dalam penelitian ini adalah angket yang dibagikan kepada 50 responden dalam bentuk sample dari 205 siswa siswi MTs Soebono Mantofani Jombang Ciputat instrument penelitian yang digunakan untuk memperoleh data adalah dengan menggunakan angket (kuesioner)dalam bentuk pilihan ganda . Dari hasil penelian ini dapat diketahui bahwa koefisiensi deterrminasinya besar ini menunjukan bahwa kontribusi pendidikan akidah akhlak dalam membina akhlak remaja di MTs Soebono Mantofani menunjang akhlak siswa .hal ini berarti perananan pendidikan akidah akhlak dalam membina akhlak remaja termasuk katagori sangat baik