Nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab adabul alim wal muta'allim karya K.H.Hasyim Asy'ari
Main Author: | SAH, Pirman |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Latar belakang pemilihan judul tersebut adalah karena penulis melihat bahwa anak-anak dan remaja khususnya, bahkan orang tua umumnya, sedang mengalami �degradasi� akhlak baik di lingkungan rumah atau bahkan di sekolah maupun kampus. lebih ironis bahwa ada bahkan banyak mahasiswa hanya mengenal dosen ketika di dalam kelas saja. hal. ini tersimpan kesan bahwa tidak ada rasa hormat murid/mahasiswa kepada dosen atau guru ketika berada diluar kelas, sekolah atau kampus, bisa diartikan juga bahwa murid/mahasiswa mengenali atau berharap menghormati guru/dosen hanya jika ada kepentingan tertentu. Tentunya hal. ini merupakan salah satu indikator dari degradasi akhlak saat ini dalam bidang pendidikan. Adapun metode pembahasan dalam penelitian ini bersifat deskriptif analisis dan menggunakan tehnik Content Analysis atau kajian isi. Melalui pendekatan Filosofis Pedagogik, yaitu dengan berfikir kritis evaluatif kontekstual. Penulis mencoba mengkaji konsep K.H. Hasyim Asy�ari mengenai pendidikan, akhlak murid, dan akhlak guru. Disamping itu penulis juga menggunakan pendekatan historis, yaitu dengan mengkaji biografi K.H. Hasyim Asy�ari dan karya serta situasi dan kondisi pada waktu itu, yang memungkinkan ikut mempengaruhi corak pemikirannya. Berdasarkan hasil penelitian, kitab �d�bul �Alim Wal Muta�allim sebagai salah satu pemikiran K.H. Hasyim Asy�ari, lebih menekankan kepada nilai-nilai akhlak sekaligus mengupas tuntas tentang pentingnya menuntut ilmu, dan menghormati guru. Dalam kitab ini K.H. Hasyim Asy'ari menjelaskan tentang cara bagaimana agar ilmu itu mudah dan cepat dipahami dengan baik. Kitab yang terdiri dari 8 (delapan) bab ini, memberikan pula pencerahan tentang mencari dan menjadikan ilmu benar-benar memberikan manfaat kepada masyarakat. Selain itu Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab ini terlihat pada beberapa etika dalam proses pembelajaran seperti etika murid kepada guru, murid terhadap pelajaran, murid terhadap murid, akhlak guru kepada diri sendiri, akhlak guru kepada murid, akhlak guru ketika mengajar, maupun akhlak murid terhadap media pembelajaran. Di dalam kitab ini pula terkandung betapa pentingnya akhlakul kar�mah guna mendapatkan ilmu yang bermanfaat, seperti; mensucikan hati, niat yang baik dalam menuntut ilmu, bersungguh-sungguh, qona�ah, pandai mengatur waktu, mempersedikit makan dan minum, menjaga diri dari perbuatan buruk, dan lain sebagainya. Wall�hu A�lam.