Pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi pendidikan agama Islam studi kasus pada SMP Amaliyah Jakarta

Main Author: Nadiroh
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Ada pengaruh yang positif antara minat baca dengan hasil prestasi belajar pada bidang studi PAL Setiap upaya meningkatkan hasil prestasi belajar siswa dapat didekati dengan meningkat minat baca siswa, atau minat baca siswa memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan hasil belajar pada bidang studi PAL. Ada korelasi yang signifikan antara minat baca siswa pada bidang studi PAI dengan prestasi belajarnya di SMP Amaliyah Jakarta. hal. tersebut dapat diketahui dari hasil penghitungan dengan menggunakan rumus korelasi yang menghasilkan angka 0,12, setelah diuji baik pada tabel r produk moment dengan tingkat signifikan 5% = 0,444 dan 1% = 0,56, ternyata angka tersebut menunjukan adanya korelasi, tetapi sangat lemah atau sangat rendah. Ternyata hasil perhitungan yang diperoleh lebih kecil dari pada tabel atau 0,12 < 0,444. Dengan demikian semakin tinggi minat baca siswa terhadap suatu pelajaran akan semakin tinggi prestasi belajarnya. Sebaliknya semakin rendah minat baca siswa terhadap suatu pelajaran akan semakin rendah pula prestasi belajarnya. Prestasi belajar agama Islam diperoleh dari nilai rapot responden SMP Amaliyah Jakarta yaitu rata-rata 66,05. Ini menunjukan bahwa prestasi belaj ar tersebut merupakan prestasi yang baik dan perlu adanya peningkatan ke arah yang lebih baik.