Faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah dalam membeli produk asuransi mitra iqra pada AJB Bumiputera 1912 divisi syariah di sekitar wilayah Jakarta

Main Author: Yanu Pangestu Nugroho
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Syariah dan Hukum
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa faktor-faktor yang terdiri dari sosial-ekonomi, produk, promosi, pemasaran, dan tarif/premi dalam pengaruhnya terhadap minat nasabah dalam membeli produk asuransi mitra iqra dan untuk menganalisa faktor apa yang paling dominan diantara faktor-faktor yang telah disebutkan sebelumnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang sumber datanya terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh langsung dari penyebaran angket yang disebarkan kepada peserta yang membeli produk asuransi mitra iqra di AJB Bumiputera 1912 Divisi Syariah. Untuk pengumpulan data primer ini penulis menggunakan alat berupa kuisioner dan untuk data sekunder diperoleh dari wawancara, studi literatur seperti buku-buku, artikel, referensi dari berbagai sumber, serta sumber-sumber lainnya yang terkait dengan materi di dalam penulisan skripsi ini, dan juga data yang dikeluarkan oleh pihak AJB Bumiputera Divisi Syariah. Dalam penelitian ini diambil sampel sebanyak 35 (tiga puluh lima) responden dari 38 populasi yang merupakan nasabah yang membeli produk asuransi mitra iqra di AJB Bumiputera 1912 Divisi Syariah di sekitar wilayah Jakarta dengan cara sample random sampling yang kemudian dilanjutkan dengan perhitungan rumus slovin dalam penarikan sampel. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Dari uji analisis regresi diperoleh hasil bahwa dari 5 variabel dapat dianalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah dalam membeli produk asuransi mitra iqra. Masing-masing variabelnya bernilai positif karena di atas t tabel 2,045, namun ada juga yang negatif. Masing-masing variabel nilainya terdiri dari: variabel sosial-ekonomi (3,518), variabel produk (1,140), variabel promosi (5,197), variabel pemasaran (4,321), dan variabel tarif/premi (1,347). Dari beberapa hasil dari variabel tersebut didapatkan faktor yang paling dominan yang mempengaruhi minat nasabah dalam membeli produk asuransi mitra iqra yaitu variabel promosi dengan nilai sebesar (5,197).