Model Partial Least Square (PLS) dalam mengukur tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan akademik (studi kasus mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi)
Main Author: | Maida Vitaloka |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Sains dan Teknologi
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Keberhasilan perguruan tinggi salah satunya ditentukan oleh mutu pelayanan yang diberikan, baik fasilitas fisik maupun fasilitas akademik sehingga menunjang keberhasilan mahasiswa di dalam proses belajar. Dengan adanya kualitas pelayanan yang baik di dalam suatu institusi atau perguruan tinggi maka akan menciptakan kepuasan bagi para konsumennya dalam hal. ini adalah mahasiswa. Sehingga perguruan tinggi tersebut dapat lebih unggul dalam persaingan antar perguruan tinggi lainnya. Pengukuran kualitas pelayanan menggunakan alat ukur SERQUAL (Service Quality). Tingkat kepuasan ini merupakan variabel yang tidak bisa diukur secara langsung (variabel laten). Oleh karena itu, penulis menggunakan metode partial least square (PLS). Pada penelitian ini mengetahui seberapa besar pengaruh variabel kualitas pelayanan terhadap pelayanan akademik yang diberikan dan mengetahui model terbaik dalam menggabarkan tingkat kepuasan mahasiswa. Berdasarkan hasil yang didapat, variabel kualitas pelayanan yaitu tangibles, responsiveness, assurance dan empathy berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa sedangkan reliability tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa.