Analisis perceived quality merek kopi bubuk instan dengan keputusan pembelian

Main Author: HARIZA, Yania
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa : (1) Perbedaan persepsi konsumen terhadap kualitas merek Kapal Api, Nescafe, dan Torabika, (2) Atribut yang paling berpengaruh terhadap kualitas, dan (3) Hubungan antara perceived quality dengan keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan melalui pengisian kuesioner oleh 100 orang responden mahasiswa yang ada di Kota Semarang. Ada dua tahap penelitian, yaitu penelitian awal mengenai atribut yang dipertimbangkan konsumen dalam memilih kopi bubuk instan. Penelitian ini dilakukan melalui pengisian kuesioner oleh 30 responden, selanjutnya diolah dengan menggunakan uji Cochran-Q Test. Penelitian yang kedua adalah penelitian komprehensif mengenai perceived quality dan keputusan pembelian pada merek kopi bubuk instan Kapal Api, Nescafe, dan Torabika. Penelitian ini dilakukan pada 100 orang mahasiswa yang ada di Kota Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut yang dipertimbangkan konsumen dalam memilih kopi bubuk instan adalah Rasa, Aroma, Kemasan, Kemudahan didapat, dan Komposisi. Namun atribut yang memiliki bobot paling tinggi adalah Rasa, yang berarti bahwa Rasa adalah atribut yang paling mempengaruhi konsumen dalam memilih kopi untuk dikonsumsi. Selanjutnya adalah merek kopi bubuk instan yang memiliki perceived quality dan keputusan pembelian paling tinggi adalah Nescafe. Nescafe dianggap sudah memenuhi kebutuhan konsumen akan produk kopi bubuk instan. Sementara perceived quality Kapal Api dan Torabika tidak berbeda secara signifikan, namun pada keputusan pembelian merek Kapal api lebih tinggi dari Torabika. Artinya adalah bahwa memang ada hubungan antara perceived quality dengan keputusan pembelian pada merek kopi bubuk instan. Kata kunci : perceived quality dan keputusan pembelian.