Strategi Komunikasi Penyiar Radio 95.5 RASfm Jakarta Dalam Mempertahankan Pendengar di Program Siaran Cahaya Sore
Main Author: | Ayu Diantika |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Saat ini, radio terus melakukan strategi untuk dapat memenangkan persaingan. Seluruh strategi yang dijalankan hams sesuai dengan visi dan misi dari masing-masing radio. Agar dapat menghadapi persaingan di industri radio dibutuhkan strategi yang didukung oleh komponen-komponen penting, bukan hanya dari program siarannya saja yang menarik tetapi dibutuhkan juga seorang penyiar dalam menyampaikan acara siaran. lni semua dilakukan agar radio bisa terus eksis serta mampu mempertahankan pendengarnya. Strategi penyiar juga sangat dibutuhkan guna untuk memajukan radio. Pemahaman terhadap karakteristik radio merupakan pengetahuan awal bagi praktisi penyiaran radio yang sangat diperlukan untuk mendukung kemampuan dalam menyampaikan pesan-pesan kepada pendengar sesuai dengan kaidahkaidah siaran di setiap media. Berdasarkan konteks di atas, maka yang menjadi pertanyaannya adalah bagaimana strategi komunikasi penyiar dalam mempertahankan pendengar di radio dakwah 95.5 RasFM Jakarta, khususnya pada program siaran Cahaya Sore? Atas dasar itu, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis deskriftif dengan pendekatan kualitatif. Untuk memperoleh data yang valid, penulis melakukan wawancara mendalam kepada penyiar radio. Selain itu untuk memperkuat data yang diperoleh dari hasil wawancara, penulis juga melakukan observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh data bahwa, strategi yang digunakan penyiar dalam mempertahankan pendengarnya dalam proses kelahiran konstruksi sosial dalam strategi komunikasi melalui tahap-tahap berikut: (a) strategi komunikasi penyiar dalam persiapan siaran, (b) strategi komunikasi penyiar dalam pemilihan fakta, (c) strategi komunikasi penyiar dalam pembingkaian skrip. Dengan membuat perencanaan strategi sebelum melakukan siaran on air dan offair, kemudian pelaksanaan strategi dilakukan pada saat siaran dan yang terakhir adalah tahap evaluasi strategi yang dilakukan setelah melakukan siaran Cahaya Sore dengan tujuan untuk terus memperbaharui strategi baik yang sudah tercapai atau belum tercapai.