Analisis wacana Rubrik Tren Fashion 2012 pada Majalah Noor No.12 Edisi Khusus Fashion 2012
Main Author: | Cahaya Kusumawati |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Fashion adalah industri yang berkembang sejalan tuntutan perubahan jaman dan gaya hidup. Industri ini tidak hanya memproduksi pakaian beserta atributnya untuk melindungi atau menutupi tubuh, namun juga menciptakan citra, identitas, atau status sosial bagi pemakainya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis wacana model Teun A Van Djik. Van Djik lebih menekankan pada tiga dimensi yakni, teks, kognisi sosial, dan konteks sosial menjadi sebuah kesatuan. Untuk dimensi teks analisis wacana model Van Dijk terdiri atas tiga struktur yakni struktur makro, superstruktur, struktur mikro.Ketiga struktur tersebut masing-masing memiliki elemen-elemen yang saling mendukung satu sama lain. Penelitian ini dilakukan pada majalah Noor, adapun alasan penulis mengambil majalah Noor sebagai penelitian,karena pertama, majalah ini sering kali menyajikan sesuatu baik itu artikel maupun berita secara panjang lebar dan mendalam, majalah seperti hal.nya media cetak lainnya pesan-pesan yang disampaikan dapat dikaji ulang dan dipelajari, serta memiliki daya persuasi yang lebih tinggi. Kedua, setiap tulisan yang terdapat di majalah Noor merujuk kepada Al-Qur�an dan Hadits. Sehingga pembaca tidak hanya mendapat bacaan yang memberikan informasi terkini melainkan belajar tentang Islam. Objek dalam penelitian ini adalah rubrik tren fashion di majalah Noor pada edisi khusus fashion 2012. Adapun pemilihan subjek dalam penelitian ini dikarenakan pada majalah Noor, peneliti melihat sebagian besar isi majalah tersebut khususnya pada rubrik tren fashion lebih menekankan modernisasi fashion yang menjadi tren di tahun 2012. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah penelitian lapangan dan wawancara kepada beberapa responden pembaca tetap majalah Noor yang berguna sebagai pembanding data penelitian ini. Selain wawancara pembaca Noor, peneliti juga mewawancarai pemimpin redaksi majalah Noor dan tim redaksi majalah Noor. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini bahwasanya rubrik tren fashion pada majalah Noor berperan sebagai alat modernisasi fashion saat ini agar masyarakat urban khususnya para fashionista lebih berani mengekspresikan gaya berbusananya dan tidak melebihi dari kaidah-kaidah syariat Islam. Fashion Islam terkini sangat menarik, karena fashion Islam saat ini lebih berwarna tidak monoton, lebih banyak variasinya dan dapat menarik simpatik bahwa hijab itu tidak sekuno yang dibayangkan. Modernisasi fashion saat ini sangat mengispirasi semua wanita yang ingin tampil beda dan menarik disetiap kesempatan.