Peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan media gambar pada Siswa Kelas V di MI al-Wathoniyah XI Tahun Pelajaran 2011-2012

Main Author: Abdul Rahman
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berdasarkan permasalahan: Apakah ada peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Gambar pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial? Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengungkapkan pengaruh pembelajaran Media gambar terhadap kreativitas siswa dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada kelas V MI. Al-Wathoniyah XI. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V . Data yang diperoleh berupa hasil pre test dan post test , lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (53%) dan siklus II (100%). Peningkatan hasil belajar sebesar 47%. Pembelajaran Media Gambar dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas V, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.