Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS dengan Menerapkan Metode Discovery Learning

Main Author: Istianah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menerapkan metode discovery learning. Penelitian ini dilakukan di MTs. Jam?iyyatul Khair Ciputat pada tahun ajaran 2012/2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi siswa dan guru, wawancara, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pembelajaran melalui penerapan metode discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VIII-2 MTs. Jam?iyyatul Khair Ciputat. Hal ini dibuktikan dari adanya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 71,67 dan siklus II adalah 86,67. Secara umum kesimpulan penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dapat ditingkatkan melalui penerapan metode discovery learning