Rancang bangun aplikasi learning animal vocabulary untuk anak berbasis smartphone
Main Author: | Muhammad Anang Maulana |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Sains dan Teknologi
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Pengguna smartphone semakin bertambah setiap tahun, karena kelebihan fitur-fiturnya, aplikasi-aplikasi yang menarik, sehingga smartphone sangat digemari oleh semua kalangan, begitu juga dengan para anak-anak. Perkembangan teknologi dan persaingan yang semakin ketat, menuntut kita agar dapat menguasai Bahasa Inggris yang merupakan Bahasa Internasional. Oleh karena itu, pendidikan Bahasa Inggris perlu diperkenalkan pada anak-anak sejak dini. Kesulitan anak dalam mempelajari Bahasa Inggris disebabkan karena Bahasa Inggris bukan merupakan bahasa mereka, sehingga mereka tidak terbiasa mendengar atau mengucapkan pelafalan dalam Bahasa Inggris. Selain itu kecenderungan pola belajar anak yang lebih suka bermain juga sangat mempengaruhi, sehingga pembelajaran secara teoritis saja kurang optimal untuk pembelajaran Bahasa Inggris pada anak. Oleh karena itu, penulis merancang dan membuat sebuah aplikasi vocabulary berbasis smartphone berkategorikan nama-nama hewan yang mana aplikasi ini dirancang berbasis mutimedia yang menggabungkan unsur-unsur visual dan audio sehingga menjadikannya sangat interaktif. Metodologi pengembangan aplikasi ini menggunaan Rapid Application Development yang terdiri dari tiga fase yaitu perencanaan, workshop design, dan implementasi dengan perancangan proses UML (Unified Models Language) dan dikembangkan dengan menggunakan Flash CS 5, bahasa pemrograman menggunakan Action Script 3.0, untuk pengumpulan datanya dengan studi pustaka, dan kuesioner, Berdasarkan hasil penelitian, aplikasi yang telah dibuat sangat dibutuhkan dan memberikan kemudahan bagi para anak untuk belajar kosakata hewan berbahasa Inggris.