Pengaruh self control dan motivasi berprestasi terhadap prokrastinasi Akademik mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Main Author: YURNIATI
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Psikologi
Subjects:
Daftar Isi:
  • Pengaruh Self Control dan Motivasi Berprestasi terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. (E) Halaman : xviii + 79 Halaman + lampiran (F) Prokrastinasi akademik adalah suatu kecenderungan menunda-nunda untuk memulai atau menyelesaikan tugas akademik yang sering kali dilakukan oleh mahasiswa di perguruan tinggi. Mahasiswa menunda mengerjakan tugas akademik hingga batas akhir (deadline). Mereka mengerjakan tugas dengan sistem kebut semalam, sehingga hasilnya kurang optimal. Menurut penelitian Noran (2007) mahasiswa yang melakukan prokrastinasi akademik salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah rendahnya self control dan kurangnya motivasi berprestasi. Populasi penelitian berjumlah 653 orang dan sampel penelitian 100 orang. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik stratified proportional sampling, dimana sampel yang dipilih berdasarkan strata tiap angkatan. Responden diberikan angket skala model Likert yang meliputi 100 item diantaranya 39 item skala prokrastinasi akademik, 24 item self control dan 37 item motivasi berprestasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik regresi berganda (multiple regression). Kesimpulan penelitian ini adalah adanya pengaruh yang signifikan self control (behavior control, cognitive control, dan decisional control), motivasi berprestasi (mengambil tanggung jawab, mempertimbangkan resiko, umpan balik, kreatif-inovatif), jenis kelamin serta angkatan terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 atau P < 0,05. Namun jika dilihat dari kesembilan aspek tersebut, ditemukan tiga aspek yang mempengaruhi secara signifikan terhadap prokrastinasi akademik yaitu aspek behavior control, tanggung jawab dan kreatif-inovatif. Adapun nilai R Square (R�) dari semua variabel penelitian yang telah diujikan adalah sebesar 0,511 atau 51,1% dan sisanya sebesar 48,9% dapat disebabkan oleh aspek atau faktor lainnya yang dapat memberikan pengaruh terhadap prokrastinasi akademik. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka disarankan untuk penelitian selanjutnya meneliti faktor-faktor atau variabel lain yang mempengaruhi prokrastinasi akademik mahasiswa seperti locus of control, self regulation learning, konsep diri, perfeksionisme dengan menggunakan analisis faktor.