Pengaruh penerapan metode Inside-Outside Circle (IOC) terhadap pemahaman konsep matematika siswa (studi quasi eksperimen di SMP IT Al-Qur'aniyah)

Main Author: Nasrulloh
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Inside- Outside Circle (IOC) terhadap pemahaman konsep matematika siswa metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen, dilakukan di Kelas VII SMP IT Al-Qur?aniyah Tangerang. Pada materi Bangun Datar Segitiga dan Segi Empat. Pemilihan sampel penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini berlangsung sekitar 1 bulan, yaitu pada pertengahan bulan April hingga pertengahan bulan Mei. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal-soal essay. Data hasil instrumen tes, dianalisis dengan uji analisis statistik berupa uji perbandingan nilai posttest kedua kelas. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh bahwa metode Inside-Outside Circle (IOC) berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Pemahaman konsep matematika siswa yang diajarkan dengan metode Inside- Outside Circle (IOC) lebih tinggi dari pada pemahaman konsep matematika siswa yang diajarkan dengan metode konvensional