Pengaruh strategi pembelajaran aktif teknik giving question and getting answer terhadap hasil belajar matematika siswa
Main Author: | Ma'rif Syafruddin |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran aktif teknik giving question and getting answer dan konvensional serta pengaruh strategi pembelajaran aktif teknik giving question and getting answer terhadap hasil belajar matematika. Metode yang digunakan kuasi eksperimen dengan subyek penelitian siswa kelas VII B dan siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Mancak kab.Serang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen untuk mengumpulkan data pada penelitian berupa tes pilihan ganda yang terdiri dari 16 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dan berdasarkan perhitungan uji-t menunjukkan thitung = 4,6057 dan ttabel = 1,6615 pada taraf signifikansi 5% atau (? = 0,05) dan derajat kebebasan (db = 69) yang berarti thitung > ttabel (4,6057 > 1,6615), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diberi pembelajaran aktif teknik giving question and getting answer lebih tinggi daripada rata-rata prestasi belajar matematika siswa yang diberi pembelajaran konvensional. Dengan demikian, strategi pembelajaran aktif teknik giving question and getting answer berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika.