Upaya meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa dengan accelerated learning strategi YAK di SMA PGRI 56 Ciputat
Main Author: | Mika Agus Fianti |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji 1) Peningkatan aktivitas belajar matematika siswa melalui penerapan accelerated learning strategi VAK 2) Peningkatan hasil belajar matematika dengan accelerated learning strategi VAK. Penelitian ini dilaksanakan di SMA PGRI 56 Ciputat tahun ajaran 2012/2013 pada bulan September-Oktober 2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar, wawancara, lembar observasi, catatan observasi, dan angket aktivitas pembelajaran matematika. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan accelerated learning strategi VAK dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa. Hal ini terlihat dari hasil rata-rata aktivitas belajar matematika siswa pada siklus I sebesar 60,12 menjadi 78,97 pada siklus II. Kemudian terlihat dari kenaikan persentase aktivitas belajar matematika siswa mencapai lebih dari 70% atau telah mencapai indikator keberhasilan kerja. Selain itu, penerapan accelerated learning strategi VAK dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa, rata-rata siswa pada siklus I mencapai 62,01 meningkat menjadi 73,27 pada siklus II dengan tingkat ketuntasan belajar mencapai 73,08%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui VAK dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika dan hasil belajar matematika siswa.