Analisis rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) mata pelajaran kimia dalam implementasi silabus Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)

Main Author: Hilda Rohmatillah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pembuatan Silabus dan RPP sebagai hasil produk dari KTSP sebagai panduan dalam pelaksanaan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah guru-guru kimia telah mampu mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berdasarkan silabus KTSP, beserta kesesuaiannya dengan prinsip-prinsip pengembangannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan sampel RPP dan silabus kimia kelas X (sepuluh) dari sekolah A, sekolah B, dan sekolah C.. Instrumen yang digunakan adalah analisis kesesuaian dokumentasi silabus dan RPP mata pelajaran kimia beserta kesesuaiannya dengan prinsip-prinsip pengembangan silabus yang dilakukan oleh pengamat 1 dan diobservasi kembali oleh pengamat ahli, Hasil penelitian yang didapatkan untuk analisis dokumentasi RPP dan silabus kimia secara keseluruhan berdasarkan sejumlah data yang dihasilkan yaitu sampel sekolah A memiliki nilai koefisien kesepakatan kasar (KK) paling tinggi yaitu 0,81 dan 1 (sangat tinggi). Sekolah B 0,63 dan 0,81 (tinggi), dan sekolah C masing 0,72 (tinggi) untuk kedua analisis. Maka dapat disimpulkan bahwa analisis kesesuaian RPP dengan Silabus di masing-masing satuan sekolah sudah sangat baik dan sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangan silabus dan RPP.