Hubungan antara latar belakang status sosial ekonomi orang tua dengan motivasi belajar siswa di MA Darul Ma�arif

Main Author: Dina Fadiah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Siswa ( Penelitian Korelasional Di MA Darul Ma�arif Cipete Selatan, Fatmawati< Jakarta Selatan Tahun Pelajaran 2011-2012)Skripsi. Jururan Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Pembimbing I: Drs. H. Nurochim M.M, Pembimbing II.Drs. H. Syaripulloh, M.Si. Kata Kunci : Status sosial dan Motivasi belajar. Motivasi belajar siswa kelas XI MA Darul Ma�arif Cipete Selatan adalah baik artinya para siswa memiliki dorongan dalam melaksanakan pembelajaran sehingga dapat melakukan (berbuat) segala sesesuatunya yang berkaitan dengan belajar. Adapun status sosial orang tua siswa khususnya orang tua siswa MA Darul Ma�arif Cipete Selatan walaupun variatif artinya memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda, pekerjaan yang berbeda mulai dari nelayan, buruh, petani, pegawai swasta serta pegawai negeri, tingkat penghasilan yang berbeda-beda, namun secara umum memiliki dukungan yang kuat terhadap anak-anaknya dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Rumusan masalah penelitian adalah Apakah ada hubungan yang signifikan antara Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Siswa Di MA Darul Ma�arif Cipete Selatan, Tujuan penelitian. untuk mengetahui ada tidaknya hubungan motivasi belajar siswa dengan status sosial orang tua di MA Darul Ma�arif Cipete Selatan. Metode penelitian menggunakan pendekatan korelasional, alat pengumpul data adalah anket yang mengungkap motivasi belajar dan status sosial Jumlah sampel 35 siswa.