Analisis tingkat sedaran masyarkat tentang pendidikan di Desa Andamui, Ciwaru, Kuningan Jawa Barat (tinjauan dari segi teori kebutuhan Abrahan Maslow)

Main Author: TENDI
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesadaran masyarakat tentang pendidikan, seberapa jauh peran lembaga/institusi pendidikan, dan bagaimana persepsi masyarakat tentang pendidikan jika meninjaunya dari teori hierarki kebutuhan Abraham Maslow. Penelitian ini dilakukan di Desa Andamui, Ciwaru, Kuningan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara. Pemeriksaan dan pengecekan data dalam menguji credibility dan transferability penelitian ini menggunakan teknik trianggulasi metode, dengan menyesuaikan studi dokumentasi, teknik wawancara dan observasi. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah tingkat kesadaran masyarakat tentang pendidikan masih rendah, peran lembaga/institusi pendidikan lebih kuat pengaruhnya dari lembaga/institusi pendidikan lainnya, dan persepsi masyarakat tentang pendidikan dari segi teori Maslow menunjukkan bahwa pendidikan bukanlah bagian dari kebutuhan dasar. Berdasarkan hasil penelitian, rendahnya kesadaran masyarakat tentang pendidikan banyak dipengaruhi oleh kuatnya pengaruh pergaulan dan tradisi berdagang warga desa di kota-kota besar. Selain itu, banyak generasi masyarakat yang bersekolah tetapi tidak sukses, mayoritas masyarakat menganggapnya sebagai sebuah kegagalan. Oleh karena itu, dapat bisa disimpulkan bahwa masyarakat Desa Andamui memiliki persepsi yang kurang baik terhadap pendidikan.