Hubungan antara hasil belajar sosiologi dengan sikap siswa terhadap lingkungan sosial: studi penelitian di SMA PBRI 56 Ciputat

Main Author: SUTARSIH
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan (positif) antara hasil belajar sosiologi dengan sikap siswa terhadap lingkungan sosial. Penelitian ini dilaksanakan di SMA PGRI 56 Ciputat selama bulan Januari 2009 dan penelitian ini dilakukan terhadap 30 orang siswa kelas XI IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan teknik korelasional. Untuk skor hasil belajar Sosiologi diperoleh dari hasil ujian semester 1 dan untuk skor sikap siswa terhadap lingkungan sosial diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner dengan penskoran 1-4 disusun menurut skala Likert. Sebelum instrument penelitian digunakan dalam penelitian terlebih dahulu di uji cobakan. Jumlah pernyataan pada waktu uji coba sebanyak 30 butir dan pada waktu penelitian jumlahnya sebanyak 20 butir. Teknik analisis data yang digunakan analisis satu variabel dan uji korelasi. Dari hasil penelitian dengan uji hipotesis diperoleh rxy=0,571. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan cukup signifikan atau searah (positif) antara hasil belajar sosiologi dengan sikap siswa terhadap lingkungan sosial dan variansi hasil belajar sosiologi dapat memberi kontribusi kepada sikap siswa terhadap