Pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika siswa pada konsep tekanan (kuasi eksperimen di SMP Darul Mukhlishin Cengkareng)

Main Author: Neti Damayanti
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika siswa pada konsep tekanan. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII-1 dan VIII-2 SMP Darul Mukhlishin Cengkareng. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian pretest-posttest control group design. Penentuan sampel ini berdasarkan teknik purposive sample. Sampel penelitian berjumlah 50 siswa, dengan 25 siswa untuk kelas eksperimen dan 25 siswa untuk kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal-soal pilihan ganda. Data hasil instrumen tes dianalisis secara kuantitatif. Berdasarkan analisis data tes, diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 74,24 dan kelas kontrol adalah 69,28. Hal tersebut didasarkan pada hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t terhadap data posttest dengan n = 25 dan ?=5%. Hasilnya adalah nilai thitung = 2,80 sedangkan ttabel = 2,20. Terlihat bahwa thitung > ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika siswa pada konsep tekanan.