Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Strategi Pembelajaran Berbasis Aktifitas Siswa (Active Learning) Tipe Quiz Team pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V MI Bait Al Rahman
Main Author: | Fazl Achmad |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Mata pelajaran IPS bagi sebagian siswa masih dianggap sebagai pelajaran yang sulit dan membosankan, terlihat dari siswa dengan hasil belajar yang rendah pada mata pelajaran IPS. Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar yang dialami siswa pada mata pelajaran IPS adalah pemilihan dan penerapan metode pengajaran yang kurang bervariasi dan masih terfokus pada guru. Rumusan masalah adalah: apakah penerapan metode active learning tipe quiz team dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di MI Bait al Rahman pada mata pelajaran IPS? Sementara tujuannya adalah untuk mengetahui pelaksanaan pendekatan metode active learning tipe quiz team dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V MI Bait al Rahman.Studi tentang penelitian tindakan kelas, ada empat kegiatan utama yang ada pada setiap siklus perencanaan, tindakan atau pelaksanaan, observasi,evaluasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data melalui observasi, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Setelah melakukan tindakan metode active learning tipe quiz team pada siklus I, nilai presentasi siswa meningkat ,ketuntasan target minimalsudah tercapai tetapi belum maksimal, dengan nilai ratarata 70, sedangkan siswa yang mendapatkan nilai tersebut hanya 8 siswa dari 14 siswa kelas V. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa pelaksanaan pendekatan metode active learning tipe quiz team dapat meningkatkan prestasi siswa. Namun, untuk menghindari anggapan bahwa hasil penelitian pada siklus I hanya kebetulan, peneliti melanjutkan penelitian ke dalam siklus berikutnya (siklus II) dan hasilnya meningkat menjadi 78,57% yang berarti bahwa angka tersebut telah ii melampaui target minimal kelengkapan, dengan rata-rata nilai 78,21, dimana siswa yang mendapatkan nilai tersebut terdapat 11 siswa dari 14 siswa kelas V. Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pendekatan metode active learning tipe quiz team dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MI Bait al Rahman.