Peningkatan hasil belajar ips siswa melalui pendekatan pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) materi perkembangan teknologi kelas IV MI AL Mursyidiyyah Pondok Benda Pamulang Tangerang Selatan Tahun pelajaran 2013/2014

Main Author: Hartati
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui Pendekatan Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) pada mata pelajaran IPS kelas IV Materi Perkembangan Teknologi. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yang terdiri dari dua siklus yang mana setiap siklus terdiri dua kali pertemuan dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument observasi , yang dilakukan sebelum penelitian dan disetiap pertemuan PTK, tes yang di berikan pada siswa sebelum PTK dan di akhir pertemuan setiap siklus , serta dokumentasi yang diambil setiap pertemuan saat PTK. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV di MI.Al Mursyidiyyah Pondok-Benda Pamulang Tangerang Selatan, hal ini terlihat dari hasil pre Test dan post Test disetiap akhir siklus, yang meningkat dari pre test dengan skor 65,97 menjadi 70,41 pada post test siklus 1, dan meningkat kembali pada hasil rata-rata post test siklus dua yaitu 77,22. Dengan prosentase ketercapaian KKM pada siklus satu yaitu 63,88 % dan pada siklus dua yaitu 86,11 % .