Hubungan pemberian tugas rumah ( pr ) dengan hasil belajar IPS siswa kelas 4 MI negeri Parung
Main Author: | Dara Muzdhalifah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Metodedalampenelitianiniadalahpenelitiankorelasional.Sampelyang digunakandalampenelitianiniadalahsampeljenuhyaitusemuapopulasiditelitisejuml ah 26-1=25siswakelasIVdiMI NegeriParung.Teknikpengumpulan datauntukvariabelX(PemberianTugasRumah)yaitudenganmenggunakanangketata ukuesioneryangdisajikandalambentukpernyataan yangterdiridari25pernyataan yangtelahdiujikanmelaluiujivaliditasdanreliabilitas. SedangkanuntukvariabelY(HasilBelajarIPS)yaitudenganmengambilnilaiulanganh ariansebanyakempatkali ulanganharianpada semesterdua. Hasilpenelitianinimenunjukkanadanyahubunganantarapemberiantugasrum ahdenganhasilbelajarIPSsiswa.Denganhasilperhitungandari?X= 1946, ?Y= 1860, ?XY= 147430, ?X2= 155398, ?Y2= 141850 yaitunilaikorelasinya 0,718dengantarafsignifikan5%,dimana26- 1=25jadirtabel0,396 kemudiandilakukanperhitungankontribusipemberiantugasrumahterhadaphasilbela jarIPSsiswasebesar51,55%.Darikontribusiini,ternyataadahallainyang mempengaruhihasilbelajarIPSsiswasebesar48,45%.Untukmengetahui signifikasida hubungantersebut,dilakukan yaitu mendapat hasilr hitung>rtabeldimanattabelpad atarafsignifikansi0,05dengandk(n-2)=(25-2)= 23sebesar1,714,dengankriteriapengujianHo: ditolakjikathitung>ttabeldanHo:diterimajikathitung>ttabel,karenathitung=4,943>1,714=ttabel, makaHoditolak. Dengandemikian,dapatdisimpulkan untuk meningkatkan hasil belajar IPS, siswa perlu diberi tugas rumah yang sesuai dengan kompetisi yang ditetapkan .