Penerapan pendekatan keterampilan proses sains untuk meningkatkan hasil belajar sains tentang konsep bumi dan alam semesta (penelitian tindakan kelas siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Darul Muttaqin Pasar Minggu ? Jakarta Selatan)

Main Author: Taufiqurrahman
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Masih rendahnya hasil belajar siswa kelas V pada konsep bumi dan alam semesta mendorong penulis untuk melakukan penelitian tentang bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep bumi dan alam semesta kelas V. Penulis melakukan penelitian di MI. Darul Muttaqin untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas V tentang bumi dan alam semesta melalui pendekatan keterampilan proses sains (PKPS). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan, yaitu : tahapan perencanaan, tahapan pelaksanaan, tahapan pengamatan, tahapan refleksi. Dari hasil pembelajaran yang baik maka diperoleh hasil belajar siswa yang baik pula.Dengan menggunakan PKPS pada mata pelajaran IPA tentang konsep Bumi dan Alam Semesta, siswa dituntut untuk dapat mengamati, mengklasifikasikan, menafsirkan, meramalkan (memprediksi), menerapkan, merencanakan penelitian dan mengkomusikan. Keberhasilan PKPS dalam penelitian ini dapat diukur dari banyaknya siswa yang memperoleh nilai diatas KKM. Adapun nilai KKM yang ditentukan adalah 70. Hal ini dapat dilihat dari perolehan hasil belajar siswa yang sudah mencapai nilai KKM yang ditentukan yaitu 70. Diperoleh hasil belajar pada Siklus I dengan rata-rata pre test sebesar 53.14 dan rata-rata nilai post test sebesar 72,00 sedangkan pada Siklus II rata-rata nilai pre test sebesar 57,14 dan rata-rata nilai post test 76,71. Pada Siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa melampaui ketuntasan yang diharapkan sebesar 75%.Telah terjadi peningkatan presentasi hasil belajar siswa atau jumlah siswa yang tuntas(diatas KKM). Pada siklus 1 jumlah siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 26 dari 35 orang siswa,yaitu 74.28% sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 32 dari 35 orang siswa,yaitu 91.42%.Dari hasil penelitian ini didapat jumlah siswa yang mencapai nilai KKM pada silklus 1 ke siklus II mengalami peningkatan sebagaimana yang diharapkan oleh peneliti.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran sains melalui Pendekatan Keterampilan Proses Sains (PKPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep bumi dan alam semesta.