Penerapan model pembelajaran Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dalam meningkatkan hasil belajar IPA Siswa di Mi Al- Ittihad
Main Author: | Yanti Haryanti |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh penyebab pembelajaran kurang optimal adalah penggunaan metode yang kurang tepat dalam proses pembelajaran. Agar mudah dipahami maka seorang guru harus menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, sehingga peserta didik termotivasi utnuk mengikuti pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran tipe STAD. Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan penulisan memberikan tes dan menyebarkan angket kepada siswa. Disamping itu, penulis melakukan wawancara kepada guru bidang studi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan siswa. Pada saat pretest diperoleh rata-rata nilai sebesar 67,04 dengan nilai tertinggi adalah 84 dan terendah adalah 40, sedangkan pada posttest diperoleh rata-rata nilai sebesar 80,36 dengan nilai tertinggi 92 dan nilai terendah adalah 61 dan nilai rata-rata pretest dan posttest dapat diperoleh selisih nilai dengan perhitungan 80,36 � 67,04 = 13,32. Dari data tersebut diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Ittihad Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Bogor meningkat setelah diterapkannya metode STAD dan siswapun merasa termotivasi serta mampu memahami dan mengembangkannya sehingga hasil belajar siswa dan pembelajaran IPA dapat dikembangkan secara optimal