Penerapan media gambar berseri dalam peningkatan kemampuan menulis karangan narasi. penelitian tindakan kelas pada peserta didik kelas IV MI Miftahul Huda fugke Tambora Jakarta Barat

Main Author: Ali Muddin
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mengetahui peninglatan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas w MI Miftahul Huda Angke Tambora Jakarta Barat dengan menggunakan media gambar berseri. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Metode Penelitian Kelas (PTIq. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode pengamatan atau observasi, jurnal sisw4 foto, dan tes kemampuan menulis karangan narasi dengan media gambar berseri. Penelitian ini dilakukan dua siklug dalam s�tiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan metode penelitian ini dilakukan dalam 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamata& dan refleksi. Penelitian ini dilakr*an MI Miftahul Huda Angke Tambora Jakarta BaraL pada siswa kelas [V berjumla]t 20 siswa terdiri l0 lakilaki dan l0 perempuan, Tahun Pelajaran 2012/2013. Hasil penelitian ini menunjulckan adanya peningkatan nilai rata-rata kemarnpuan menulis karangan siswa dengan media gambar berreri diketahui pada siklus lI (76,75) lebih tinggi dari siklus I (645), yang berarti tindakan ini telah melebihi KKM sebesm 70. Peningkatan juga rcrjadi terhadap aktivitas siswa dalam menulis karangan narasi dan berada pada kategori baiko'. Seluruh siswa memberikan respon yang baik dalam pembelajaran kemampuan menulis karangan narasi. Berdasarkan penelitian ini maka penerapan media gambar berseri dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan memrlis karangan narasi dan hasil belajar siswa serta upaya meningkatkan mutu pendidikan