Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik� (Penelitian Tindakan Kelas di MI. Al-Wathoniyah 14 Rorotan Jakarta Utara)
Main Author: | Nur Azizah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan di MI. Al-Wathoniyah 14 Rorotan Jakarta Utara tahun pelajaran 2011-2012 semester II (genap). Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penggunaan PTK dalam penelitian ini agar penelitian yang dilakukan tepat sasaran karena penelitian dilakukan secara berkesinambungan. Penelitian ini terbagi menjadi dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subyek penelitian adalah siswa kelas V (lima) yang berjumlah 43 siswa dengan jumlah siswa laki-laki 23 siswa dan siswa perempuan berjumlah 20 siswa. Pengambilan data diperoleh dari hasil pengamatan yang dibantu oleh tim observer, beberapa aspek motivasi diamati oleh observer pada saat pembelajaran berlangsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan pendekatan realistik pada pelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V (lima) MI. Al-Wathoniyah 14 Rorotan Jakarta Utara. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan Pendekatan Matematika Realistik dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V (lima) MI. Al-Wathoniyah 14 Rorotan Jakarta Utara. Hal ini dapat dilihat dari data hasil pengamatan pada siklus I sebesar 54,95% dan meningkat pada siklus II menjadi sebesar 76,95%