Peningkatan hasil belajar IPS melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas IV MI Al-Falah Cakung Jakarta Timur

Main Author: Junaidi
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS siswa melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini dilaksanakan di MI Al-FAlah kelas IV sebanyak 30 siswa, pada semester 2 tahun ajaran 2012-2013 pada bulan Maret sampai dengan bulan April 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas atau dikenal dengan Classroom Action Reasearch (CAR). PTK dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang muncul di dalam kelas. Metode ini dilakukan dengan empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Tehnik pengumpulan data berupa tes, Observasi dan wawancara. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh siswa yang belum mencapai KKM sebanyak 8 siswa atau 27%, sedangkan siswa yang tuntas sebanyak 22 siswa atau 73% dengan perolehan N-Gain 0,45 termasuk kategori sedang. Jumlah siswa yang mencapai nilai KKM pada siklus II sebanyak 26 siswa atau sebanyak 86,71% dan terjadi peningkatan sebanyak 11,17%. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar IPS melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)