Penerapan media pembelajaran PKn dalam peningkatan hasil belajar siswa di Kelas VI MI Mathla�ul Huda Cilangkap Parungpanjang
Main Author: | Hamim |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar PKn dan untuk mengetahui apakah media pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas merupakan suatu penelitian dalam bidang pendidikan yang bertujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan tekhnik cluster random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 40 siswa. Hasil penelitian setelah dilakukan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan media pembelajaran terhadap hasil belajar PKn siswa MI Mathla�ul Huda Cilangkap Parungpanjang, setiap siklusnya mengalami peningkatan hasil belajar. Pada siklus I diperoleh nilai N-gain pada 0,38. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II pemahaman dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan N-gain 0,63. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman siswa pada materi ASEAN dapat ditingkatkan melalui metode belajar dengan menggunakan media. Proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran, siswa menjadi lebih aktif dan berani mengutarakan pendapat. Dapat dilihat dari respon siswa dan hasil wawancara guru yang mana menunjukkan bahwa siswa lebih aktif dan hasil belajarnya meningkat